Ana

Senin, 28 Mei 2012

Mengenal Electra Complex dan Oedipus Complex


Electra Complex adalah istilah psikoanalisis yang digunakan untuk menggambarkan perasaan romantis seorang gadis terhadap ayahnya dan marah terhadap ibunya. Seperti halnya Electra complex, pada laki-laki juga terjadi Oedipus Complex .


Menurut Sigmund Freud, perkembangan psikoseksual seorang anak perempuan pada awalnya melekat pada ibunya. Ketika ia menemukan bahwa ia tidak memiliki penis (gejala ini dalam psikologi disebut penis envy), ia menjadi melekat pada ayahnya dan mulai membenci ibunya, yang menganggap ibunya telah melakukan “pengebirian dirinya”. Freud percaya bahwa seorang anak perempuan kemudian mulai mengidentifikasi dan meniru ibunya karena takut kehilangan cinta ayahnya.

Istilah Electra Kompleks memang sering dikaitkan dengan Freud, namun sebenarnya Carl Jung telah menciptakan istilah ini pada tahun 1913. Freud sendiri menolak istilah tersebut, karena menggambarkan penyederhanaan upaya untuk memahami analogi antara sikap dari dua jenis kelamin. Freud sendiri menggunakan istilah Oedipus sebagai sebuah sikap feminin untuk menggambarkan apa yang sekarang kita sebut sebagai Electra complex.

Sedangkan oedipus Complex merupakan suatu istilah yang digunakan oleh Freud dalam teorinya tentang tahap perkembangan psikoseksual untuk menggambarkan perasaan seorang anak laki-laki yang mencintai untuk ibunya, disertai rasa cemburu dan kemarahan terhadap ayahnya. Menurut Freud, anak laki-laki itu ingin memiliki ibunya dan menggantikan ayahnya. Oleh anaknya, sang ayah dilihat sebagai pesaing untuk mendapatkan kasih sayang ibunya. Oedipal Complex terinspirasi dari karakter di Sophocles (cerita kuno yunani) dimana ‘Oedipus Rex yang secara tidak sengaja membunuh ayahnya dan menikahi ibunya.


Jumat, 11 Mei 2012

Metode Pembelajaran Blended Learning

Mata kuliah pentidikan yang dilaksanakan pada tanggal 11 mei 2012 merupakan pertama kalinya saya melakukan pembelajaran dengan metode Blended Learning. Metode tersebut merupakan suatu hal yang baru bagi saya. Pembelajaran  blended learning merupakan metode dari pencampuran antar pembelajaran yang tradisional dengan metode pembelajaran yang modern yang menggunakan kecanggihan teknologi.

Pada pembelajaran kemarin, kami melakukan teraksi melalui chatting lewat gtalk dan mengirim verbatim sebagai bukti melakukan diskusi berasama secara online. Dimana kami diberi kesempatan untuk berinteraksi pada 1 ruangan yang sama. Pada awalnya saya mengalami kesulitan karena kurang pengalaman akan pembelajaran dengan metode seperti ini. Namun, teman-teman saya memberikan penjelasan yang cukup jelas, yang membantu saya dalam melaksanakan pembelajaran dengan metode blended learning kemarin.

Saat mata kuliah berlangsung, kami membahas mengenai blended learning. Sehingga saya mengetahui tujuan diadakannya metode pembelajaran seperti ini. kami juga membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari metode pembelajaran blended learning.

Kelebihan :

1. Fleksibel.
    Kita bisa melakukan pembelajaran kapan saja, dimana saja tanpa dibatasi tempat dan waktu.
2. Bervariasi.
  Pembelajaran dengan metode blended learning, menambah variasi dalam metode pembelajaran, sehingga         belajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.
3. Hemat
Metode pembelajaran seperti ini lebih menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi.

Kekuranganya
1. Koneksi Internet yang tidak terganggu akan mengganggu metode pembelajaran berbasis e-learning seperti ini
2. Kurangnya pengetahuan mengenai cara belajar dengan metode menggunakan Blended learning.

Sekolah Luar Biasa Tipe E




SLB E adalah sekolah luar biasa yang dikhususkan bagi anak tuna laras.
Tuna laras adalah individu yang mengalami hambatan dalam mengendalikan emosi dan kontrol sosial. individu tuna laras biasanya menunjukkan perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di sekitarnya. tuna laras dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

Pendidikan SLB E ini diadakan untuk anak yang mengalami kesulitan menyesuaikan diri atau pernah melakukan kejahatan. Pendidikan ini ada baiknya dimulai sejak umur 6-18 tahun. Anak tuna laras biasanya ditandai dengan gejala sebagai berikut.:
  • gangguan emosi dan gangguan sosial, seperti berbohong, menipu, mencuri, dll
  • rasa rendah diri berlebihan seperti sering minta maaf, takut tampil dimuka umum, dan takut berbicara
  • merendahkan harga diri seperti bernada murung, cepat tersinggung, dan melakukan kejahatan
Tugas utama guru untuk anak tuna laras adalah belajar dan mengelola kelas. Mengajar berkaitan dengan pencapaian tujuan belajar, sedangkan pengelolaan kelas berkaitan dengan penciptaan dan pemertahanan suasana kelas agar pengajaran dapat berjalan efektif dan efisien.

Saat ini pelayanan pendidikan anak tuna laras dilakukan oleh departemen pendidikan nasional, departemen kehakiman, departemen sosial, dan lembaga sosial atau yayasan.

Bentuk satuan pendidikan luar biasa tuna laras terdiri dari SDLB, SLTPLB, SMLB

Pengembangan pendidikan secara paralel atau dikaitkan mengintensifkan usaha bimbingan penyuluhan di sekolah reguler. Sehingga apabila anak itu tidak mengalami perbaiakan dari bimbingan dan penyuluhan dari kelas khusus maka mereka dikirim ke sekolah luar biasa bagian tuna laras.

Menurut kelompok kami hal-hal yang bisa dilakukan psikolog dalam menangani anak tuna laras yaitu:
  • anak terlebih dahulu diberikan pelayanan khusus sebelum dapat dimasukkan ke sekolah reguler
  • memberikan pengajaran dan pengelolaan kelas yang bersosialisasi
  • memberikan pengertian tentang kondisi anak pada teman sebaya maupun orang sekitar
  • mengoptimalkan interaksi sosial dengan bimbingan orang-orang terdekat
  • mencari dan mengembangkan potensi anak
  • memotivasi anak dengan meyakinkan bahwa anak punya potensi yang bisa dikembangkan dan dibanggakan
  • pengenalan akan nilai-nilai dan norma-norma agar anak dapat berperilaku sesuai dengan apa yang diterima oleh lingkungannya

Kamis, 03 Mei 2012

Pendidikan anak berkebutuhan khusus


Anak berkebutuhan khusus  adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental emosi .
Istilah lain bagi anak berkebutuhan khusus adalah anak luar biasa . keterbatasan seorang anak yang membatasi pelaksanaan fungsinya boleh juga disebabkan oleh masyarakat,lingkungan fisik, atau sikap orang itu sendiri (Lewis,2002).

Anak berkebutuhan khusus, dikelompokkan berdasarkan ketidakmampuan dan gangguan yang dialaminya, seperti :
1.      Gangguan organ indera
2.      Gangguan fisik
3.      Retardasi mental
4.      Gangguan bicara dan bahasa
5.      Gangguan belajar ( Learning disorder )
6.      Attention deficit hyper-activity dsorder
7.      Gangguan emosional dan perilaku

Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi tunanetra mereka memerlukan modifikasi teks bacaan menjadi tulisan Braille dan tunarungu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.
 Anak berkebutuan khusus biasanya bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) sesuai dengan kekhususannya masing-masing. SLB bagian A untuk tunanetra, SLB bagian B untuk tunarungu, SLB bagian C untuk tunagrahita, SLB bagian D untuk tunadaksa, SLB bagian E untuk tunalaras dan SLB bagian G untuk cacat ganda.

Anak penderita kemampuan dapat ditempatkan di berbagai setting dan serangkaian pelayanan yang dipakai untuk meningkatkan kemampuan mereka . Hasil dari riset terhadap hasil inklusi menunjukkan kesimpulan bahwa    :
·         Kesuksesan akademik dan sosial anak dipengaruhi oleh kualitas pengajaran yang diberikan kepada anak.
·         Anak dengan emosional berat lebih mungkin berhasil jika mereka berpartisipasidalam pendidikan vokasional dan diintegrasikan ke dalam sekolah melalui aktivitas seperti olahraga.
·         Anak dengan gangguan pendengaran akan mendapat keuntungan akademik namun dengan rasa penghargaan diri rendah jika mereka ditempatkan dengan kelas reguler.
·         Anak dengan retardasi Mental yang dapat dididik dapat dipengaruhi atau dididik dari guru yang suportif,pengajar yang kompeten dan teman kelas yang suportif.
·         Anak yang tidak mengalami gangguan tampaknya tidak terpengaruh secara negative oleh inklusi anak dengan ketidakmampuan di kelas regular selama diberikkan pelayanan yang suportif.

Selasa, 01 Mei 2012

Psikologi Sosial Pada Sapi



Wah... ternyata psikologi sosial tidak hanya ada pada manusia tetapi juga terdapat pada ewan, seperti sapi. Pernahkah kita menyadari suatu hewan ternak, contohnya adalah sapi.  Mengapa mereka begitu mudah untuk diperintah sesuai dengan keinginan sang petani atau pemiliknya. Apabila kita menjawab secara logika mungkin jawabanya “karena sapi itukan sudah terlatih setiap hari”. Benarkah sesingkat ini jawabannya?? Bagaimana jika dipandang dari sudut psikologi dari hewan tersebut??
Sapi adalah binatang yang cerdas, selalu ingin tahu, tidak hanya menggunakan instingnya tapi juga pikiran dan perasaannya dalam menghadapi dan mengatasi keadaan yg dihadapinya. Mereka mempunyai daya ingat yang sangat baik, serta kemampuan beradaptasi yang memadai. Dengan memanfaatkan kelebihan tersebut, sapi sangat bisa di latih dan dibiasakan dengan keadaan yg anda inginkan. Perlakukan Sapi secara konsisten, maka mereka akan mengerti apa yang anda inginkan, sebaliknya anda pun akan mengerti apa yang mereka inginkan, sehingga hubungan timbal balik yang harmonis bisa tercipta.
Sapi merupakan hewan yang sangat sosial dan seringkali membentuk hubungan dekat dengan temannya. Seperti contoh ini, “Saat sapi betina bersama pasangan yang ia sukai, tingkat stres dalam hal detak jantung sangat berkurang dibanding saat sapi bersama sapi asing,” papar McLennan. Hasil temuan ini bisa sangat bermanfaat bagi para peternak, termasuk meningkatkan produksi susu dan mengurangi stres pada binatang yang sangat penting bagi kesejahteraan. Oleh karena itu dengan hal seperti itu dapat kita ketahui bahwa bukan manusia saja yang bisa mengalami hal-hal seperti itu hewan juga bisa mengalami hal seperti itu sehingga hal tersebut termasuk dalam psikologi hewan yang harus diketahui oleh semua orang termasuk peternak sapi, “Jika tidak”
Stress pada sapi yaitu respon fiologis, psikologis dan perilaku, untuk mengadaptasi dan mengatur tekanan dari dalam maupun luar tubuh. Tekanan ini bisa berupa kejadian, situasi atau suatu obyek yang dilihat sebagai unsur yang menimbulkan stress dan menyebabkan reaksi stress sebagai hasilnya tekanan sangat bervariasi bentuk dan macamnya, mulai dari sumber-sumber psikososial dan perilaku seperti frusstasi, cemas dan kelebihan sumber-sumber bioekologi dan fisik seperti bising, polusi, dan temperatur, dan gizi. Tekanan tersebut secara langsung akan mengakibatkan, penurunan nafsu makan, menghambat kenaikan berat badan, meningkatkan kasus penyakit pernafasan, kotoran menjadi lebih basah, dan pada kondisi yang lebih buruk akan menyebabkan kematian.
Jadi kesimpulannya: tidak hanya manusia tetapi hewan juga punya naluri sosial dan hubungan timbal balik. Jadi perlakukanlah hewan dengan penuh kasih sayang. J J

Ground Level Ozone yang berbahaya bagi tubuh



 Selama ini diketahui ozon yang bolong bisa menyebabkan kulit mudah terbakar. Namun ternyata ozon juga berbahaya bagi pernapasan, terutama ozon yang telah menjadi asap kabut (asbut) atau ground-level ozone.

Asap kabut dapat menyebabkan serangan pernapasan parah, termasuk nyeri dada hebat dan kesulitan bernapas. Sebagian besar risikonya terjadi pada anak-anak yang menghabiskan waktunya di luar rumah, orang dewasa yang menderita asma atau masalah pernafasan lainnya.

"Jika dihirup, asap kabut ini bisa menyebabkan masalah pernafasan dan saluran pernafasan bagi penderita asma dan perokok yang menderita penyakit paru-paru kronis," ungkap Dr. Nick Hanania, direktur Adult Asthma Clinic and Pulmonary Diagnostic Laboratory, Harris County Hospital District seperti dilansir dari Healthfinder, Selasa (1/5/2012).
Bagi beberapa penderita, penanganan dan pengobatan darurat dari rumah sakit sangat diperlukan.

Gejala-gejala akibat paparan asap kabut diantaranya:
1. Batuk dan iritasi tenggorokan
2. Sulit bernafas
3. Peradangan pada lapisan paru-paru
4. Infeksi paru-paru kronis

"Berbeda dengan lapisan ozon di atmosfer yang melindungi bumi dari sinar matahari, asap kabut bisa jadi berbahaya," jelas Hanania.
Polusi ini tercipta ketika polusi dari mobil dan pabrik tergabung dengan panas yang menyengat, bahkan kilauan kabutnya bisa dilihat dari jarak yang sangat jauh.

Untuk mengurangi paparan asap kabut, tim dokter merekomendasikan beberapa tindakan pencegahan ketika kadar asap kabut sedang tinggi:
1. Tetap berada di dalam rumah kecuali pada pagi hari atau setelah matahari terbenam.
2. Jangan berolahraga atau bekerja di luar rumah, terutama ketika dilaporkan kadar asbutnya sedang tinggi
3. Hindari daerah yang memiliki kepadatan lalu lintas yang tinggi.
4. Agar asbutnya tak masuk ke dalam ruangan, jangan tempatkan kipas angin di jendela. Lebih baik jendelanya ditutup dan gunakan AC

"Imbauan publik untuk waspada terhadap asbut penting bagi banyak orang karena hal itu membantu orang tetap aman dan sehat," kata Hanania.
Meskipun bergantung pada kadar asbut di udara, imbauan ini bisa saja menyelamatkan nyawa beberapa orang. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah berada di ruangan ber-AC.Hanania pun menambahkan bahwa siapapun yang mengalami kesulitan bernapas harus segera mendapatkan penanganan medis.