Ana

Kamis, 09 Mei 2013

Dilema Dunia Pendidikan

Sambil menunggu kelas PLO, aku terpikir untuk menuls di blog ini.
Kali ini aku ingin membahas mengenai dunia pendidikan.
Teringat akan beberapa tahun lalu aku menyelesaikan masa SMA ku, dan melanjut ke dunia Perguruan Tinggi. 
Peran pendidik yang kuterima selama masa aku sekolah adalah membingbing, mengajar dan mendidik. Selain mengajarkan materi, pendidik atau yang biasa kami panggil guru juga berperan dalam mendidik.
Mendidik yang saya maksud adalah seperti, mengajarakna kami untuk beretika, berdisiplin diri, dan memiliki sportifitas dalam bersaing.
Tak asing lagi didengar istilah "Mencontek = Mencuri atau Dilarang mencontek"
Didikan seperti ini sudah saya terima sedari saya mulai memasuki dunia sekolah. Namun rasanya terdapat pengecualian ketika melaksanakan Ujian Nasional.
Sepertinya sudah menjadi rahasia umum, apabila ketika Ujian Nasionalk tiba kami seperti diajar untuk saling membantu agar semua siswa lulus.
Saling membantu ketika ujian adalah perilaku mencontek.
Menurut saya, hal ini terjadi, terkait dengan faktor  :
1. Akreditasi Sekolah
Apabila sekolah mengalami kelulusan 100% maka akreditasi sekolah akan meningkat. Apabila akreditasi sekolah baik, maka peminatan calon siswa baru akan meningkat. Apabila peminatnya meningkat maka kemungkinan mendapatakan bibit-bibit unggul juga lebih besar.

Hal ini saling berkaitan dan saya menganggap ini sebagai dilema. Ketika pendidikan dengan tujuan mendidik, namun demi self presentation perannya menjadi berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar