Ana

Jumat, 09 Maret 2012

Tugas kelompok 1

Horas.

Pada kuliah Mata Kuliah Psikologi Pendidikan (9 Maret 2012), Ibu Dina sebagai dosen pengampu meminta kami untuk membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang.
           Rahel Marisa (111301092)

Adapun topik yang dibahas adalah pandangan dan penilaian kelompok mengenai penggunaan akun gmail dan blog dalam proses belajar dengan sistem e-learning.
Menurut pandangan kelompok, kami setuju dengan adanya sistem e-learning dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Ada beberapa manfaat dengan diterapkannya e-learning yaitu pembuatan akun gmail dan blog individu, antara lain:
1. Mendapat motivasi untuk dapat menguasai sistem e-learning melalui media facebook dan blog sebagai sarana belajar online.
2. Membantu mengembangkan bakat dan kreativitas dalam menulis.
3. Menjadi sarana yang menarik untuk berinovasi.
4. Dengan metode e-learning, mahasiswa akan mendapat materi-materi kuliah dari media belajar yang banyak di internet sehingga menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa.
5. Dengan blog ini, juga dapat menciptakan relasi pertemanan yang semakin baik.

Di Indonesia, khususnya di Medan tentunya sudah banyak sekolah-sekolah juga universitas-universitas yang menerapkan metode belajar e-learning. Di USU sendiri e-learning telah dapat di akses melalui situs resmi USU. Seluruh fakultas di USU telah menerapkan
sistem e-learning. Namun yang sangat disayangkan, setelah Bu Dina menunjukkan situs e-learning ternyata banyak mahasiswa/i Fakultas Psikologi yang belum pernah mengakses situs pembelajaran tersebut. Saya sendiri mengetahui bahwa di USU telah diterapkan metode belajar e-learning, namun tak dapat dipungkiri bahwa sebelum metode belajar Psikologi Pendidikan yang menerapkannya, saya belum pernah mengakses situs tersebut. Namun mudah-mudahan setelah belajar Psikologi Pendidikan saya akan meningkatkan kemauan saya untuk mengakses situs tersebut. Amin.

Maka dari itu, kelompok kami sangat setuju dengan adanya proses pembelajaran e-learning ini. Dengan begitu kami dapat mempersiapkan diri dalam memiliki metode belajar yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan tentunya perkembangan di bidang ilmu Psikologi.

Namun saya pribadi memiliki sebuah pertanyaan yang ingin sekali saya ketahui jawabannya. Yaitu apa sih sebenarnya yang membuat siswa/i maupun mahasiswa/i minatnya dalam mengakses situs e-learning ini kurang? Semoga dengan belajar Psikologi Pendidikan dan mengembangkan minat saya dalam belajar e-learning saya dapat mengetahui jawabannya.


Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Psikologi Ibu Filia Dina beserta Ibu Dosena lainnya telah membuka cakrawala kami mengenai proses belajar e-learning.

Sekian dan Terima Kasih!

Horas..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar