Ana

Minggu, 24 Juni 2012

Ilmu Gratis dari Alumni



Pada tanggal 16 Juni yang lalu, PEMA mengadakan pertemuan/sharing dengan alumni. Pertemuan itu diadakan di ruang 3B Fakultas Psikologi. Saya dan teman saya yang lainnya menghadiri pertemuan itu.
Banyak pengalaman para Alumni yang saya dapat dari pertemuan itu. 3 alumni yang dihadirkan benar-benar memberikan banyak hal yang menarik dan berguna bagi kami. Alumni yang hadir, ada kak Mitha, Bang Aslam,dan Bang Fahmi.
Oke, saya akan mulai cerita dari Bang Aslam.
Bang Aslam merupakan alumni termuda yang hadir pada saat itu. Beliau terlihat begitu semangat menceritakan kisahnya kepada kami, dan begitu membuat saya termotivasi. Salah satunya adalah “Ilmu gak cukup cuman dari kampus to make you different”. Ada banyak hal yang harus kami siapkan sebagai nilai jual kami setelah tamat, dan itu semua tidak cukup hanya dari kampus. Kami harus punya soft skill. “IPK penting,namun Soft Skill juga tak kalah penting”,kata bang Aslam. Kata-kata ini cukup menjadi tamparan bagi kami, agar kami lebih serius menjalani perkuliahan dan membentuk kualitas diri kami untuk dunia pekerjaan nantinya. Dan pada akhirnya bang Aslam menantang kami untuk meniti karir di pulau Jawa jika ingin bekerja di Perusahaan. Meniti karir sebagai fresh Graduate di pulau Jawa bukanlah hal yang tidak mungkin, asal kita punya kualitas maka sangat mungkin bagi kita bekerja di perusahaan di pulau jawa dengan gaji yang cukup besar pula.
Selain Bang Aslam, kak Mitha dan Bang Fahmi juga begitu bersemangat dalam menceritakan pengalaman serta memotivasi kami.
Kak Mitha menceritakan kisahnya yang menyelesaikan S2 dalam tempo 2 tahun, ditengah-tengah anggapan bahwa menamatkan kuliah di UNPAD itu butuh waktu yang cukup lama, sekitar 5 tahun tutur kak Mitha. “ Orang lain mau bilang apa,yaa terserah. Cukup kerjakan bagianku dan yakini”. Kalimat itu terngiang di dalam pikiran saya, dan sangat membantu saya saat ini.
Kak Mitha memiliki banyak profesi,yakni sebagai Psikolog Klinis Dewasa, sebagai Kepala Sekolah di sekolah yang beliau dirikan, dan sebagai pemilik usaha makanan online. Kak Mitha juga bercita-cita ingin menjadi Profesor Muda. Seperti kak Mitha yang tak takut bermimpi, saya juga tidak mau kalah dalam bermimpi, namun dengan usaha tentunya. J
Bang Fahmi pun tak mau ketinggalan dalam berbagi kisah tentang dunia kerja kepada kami. Bang Fahmi saat ini sedang menjalani kuliah S2 nya. Selama kuliah,abang ini sudah banyak mengerjakan berbagai projek, yang membuat beliau semakin mengenal dunia kerja.  Abang ini juga cukup menyarankan kami untuk berorganisasi, karena di organisasi lah tempat menempah diri untuk bekerja sama dan menempah diri untuk menjadi pemimpin.
Over All, acara sharing dengan alumni itu sangat membantu saya dan membuka pikiran dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Untuk itu dari saat ini saya harus punya visi dan misi dalam menjalani perkuliahan agar menjadi Alumni yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Saya percaya gak ada kata terlambat untuk suatu perubahan, termasuk untuk meningkatkan kualitas diri saya. Karena kualitas bisa diakselerasi ketika dilakukan dengan kecintaan.
Sekian ulasannya teman-teman, semoga bermanfaat. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar