Ana

Minggu, 03 Juni 2012

Testimoni Hasil Survey


Sebagai mahasiswa Psikologi,kami diberi kesempatan belajar membuat survey online. Saya membuat survey yang berjudul “ Pengaruh Lingkungan terhadap motivasi belajar mahasiswa”. Survey dibuat dalam bentuk kuesioner yang terdiri dari 10 pernyataan dan diisi oleh 50 responden.  Survey ini bertujuan untuk melihat bagaimana tanggapan mahasiswa tentang pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar mereka.
Berikut merupakan hasil survey dari pernyataan yang diisi oleh tiap responden.
1. Saya memilih masuk Psikologi karena keinginan saya sendiri
 Yes 
 41 
 82.00% 
 No 
 9 
 18.00% 

2.  Saya masuk Psikologi karena paksaan dari orang tua saya.
 Yes 
 0 
 0.00% 
 No 
 50 
 100.00% 
3. Saya masuk Psikologi karena ikut-ikutan dengan teman saya.
 Yes 
 5 
 10.20% 
 No 
 44 
 89.80% 

4. Saya memiliki keinginan yang kuat dalam menggapai cita-cita saya.
 Yes 
 48 
 96.00% 
 No 
 2 
 4.00% 
5. Keluarga saya memiliki peran penting dalam keputusan dan pilihan yang saya buat
 Yes 
 44 
 88.00% 
 No 
 6 
 12.00% 
6. Saya memiliki pendirian yang teguh.
 Yes 
 34 
 68.00% 
 No 
 16 
 32.00% 


7. Saya adalah orang yang tidak peduli dengan kompetisi.

 Yes  10 
 20.41% 
 No  39 
 79.59% 






8. Saya melakukan pertimbangan akan cita-cita saya lewat pengamatan saya terhadap orang-orang di sekitar saya yang saya anggap sukses dalam profesinya.
 Yes 
 46 
 92.00% 
 No 
 4 
 8.00% 
Top of Form

9. Lingkungan sangat mempengaruhi prestasi belajar saya.
 Yes 
 49 
 98.00% 
 No 
 1 
 2.00% 
Bottom of Form
Bottom of Form
Bottom of Form
Bottom of Form

10. Saya menjadi sangat bersemangat dalam belajar ketika melihat teman saya belajar.
 Yes 
 42 
 84.00% 
 No 
 8 
 16.00% 

Berdasarkan data diatas, saya menyimpulkan bahwa lingkungan memiliki pengaruh dalam motivasi belajar mahasiswa. Bisa dilihat dari banyaknya jumlah responden yang menjawab ya pada pernyataan bahwa lingkungan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, keluarga juga berpengaruh dalam pengambilan keputusan mahasiswa, begitu juga dalam membuat pertimbangan akan cita-cita, mahasiswa juga cenderung melakukan pengamatan terhadap lingkungan yang berupa orang-orang sekitar yang mereka anggap sukses dalam profesinya masing-masing. Sekalipun lingkungan memiliki pengaruh dalam motivasi belajar,bukan berarti  motivasi dari dalam diri tidak memiliki pengaruh. Motivasi belajar juga dipengaruhi oleh unsur intrinsik/faktor dari dalam diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar