Pada awalnya komputer dititikberatkan
pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat
ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya
teknologi internet.
Dalam hal pendidikan,
komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar
mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai media
tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut
masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan
dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan
dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum
dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai
kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer
sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan
kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai,
pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika.
Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer
mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi
membutuhkan waktu dalam pengembangannya. Sebelum memperkenalkan komputer kepada
anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat memahami perkembangan pemahaman anak,
dimana pada usia 0 -2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya.
Kemudian usia 2 – 7 tahun anak mulai belajar menggunakan
bahasa, angka dan simbol- simbol tertentu. Pada usia 7 – 12 tahun anak mulai
dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak
langsung olehnya. Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun
guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu
dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat
“Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment
(hiburan).
Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment”
tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak
serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda,
menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan
software-software lain yang didukung perangkat multimedia. Selain program
aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak.
Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu
pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya
batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat
dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting),mengambil
dan menyimpan informasi (download). Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya
teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak
jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat
waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak
geografis.
Tulisan ini saya kutip dari : http://www.blogpsikologi.com/407/peran-komputer-bagi-pendidikan-anak.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar